Home » Hot News » Membangun Narasi Majapahit

Membangun Narasi Majapahit

Memperingati 725 tahun Kerajaan Majapahit, Mandala Majapahit FIB UGM menyelenggarakan seminar bertajuk “Warisan Budaya Majapahit: Pelestarian dalam Perspektif Lingkungan”. Seminar ini diselenggarakan di UC Hotel, kompleks Bulaksumur, pada tanggal 27 November 2018. Seminar dibuka oleh Dekan FIB UGM, Dr. Wening Udasmoro, yang menekankan pentingnya membangun narasi-narasi atas warisan budaya kita.

Pidato kunci disampaikan oleh Direktur Eksekutif Yayasan Arsari Djojohadikusumo, Ir.Catrini Pratihari Kubontubuh, M.Arch, yang menyampaikan poin-poin penting dalam pelestarian Kawasan Trowulan sebagai bekas ibukota Majapahit. Enam pemakalah memaparkan gagasan-gagasan mereka, yang meliputi pemahaman atas data arkeologis, pengelolaan kawasan, serta pengelolaan manusia terkait, baik penghuni kawasan atau stakeholder lain.

Dalam penutupan acara, Sekretaris Departemen Arkeologi FIB UGM menyatakan bahwa acara ini penting untuk mempertemukan para pemerhati dan pelaku pengelolaan sumber daya budaya Majapahit, serta melihat perkembangan gagasan atas pengelolaan kawasan Trowulan. [z]


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jagad Arkeologi

Lomba Esai Pelajar tingkat Nasional

Salam Pewaris Budaya Bangsa! Sudah tahukah kalian tentang[...]

Hebatnya Yogya

Menutup tahun 2014, Himpunan Mahasiswa Arkeologi menyelenggarakan[...]

Publikasi

Urban Heritage