Visi & Misi S2

Visi

Menjadi departemen berwawasan kebangsaan dan Pancasila yang mampu menghasilkan lulusan arkeologi yang berbudaya dan unggul secara nasional dan internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan arkeologi yang berkualitas dan berwawasan lintas ilmu dengan didukung oleh sumber daya manusia yang handal serta hasil-hasil perkembangan ilmu terkini berdasarkan pada asas Pancasila.
  2. Menghasilkan karya ilmiah di bidang arkeologi dan warisan budaya yang penting bagi kemanusiaan, ilmu pengetahuan, dan seni.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang arkeologi dan warisan budaya
  4. Mempunyai sistem organisasi yang handal dengan prasarana dan sarana yang memadai untuk mendukung penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Tujuan

  1.  Menciptakan dan memelihara suasana akademik yang kondusif bagi proses belajar-mengajar untuk mengasah ketajaman nalar, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan , serta membentuk moral sesuai dengan nilai-nilai ke-UGM-an.
  2. Mengembangkan gagasan inovatif-produktif melalui penelitian berkualitas di bidang arkeologi secara umum, museologi dan pengelolaan warisan budaya, sehingga dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi nilai-nilai kemanusiaan, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
  3. Berperan aktif dalam forum pengkajian dan publikasi di bidang arkeologi secara umum, museologi dan pengelolaan warisan budaya baik di tingkat nasional dan internasional.
  4. Melaksanakan kegiatan pengabdiaan kepada masyarakat yang berkualitas di bidang sumber daya arkeologi dan pengelolaaan warisan budaya yang bermanfaat bagi masyarakat.
  5. Menjalankan sistem organisasi secara profesional untuk mendukung penyelenggaraan program studi dan mewadahi kerjasama yang baik dengan pihak-pihak terkait.
  6. Meningkatkan saran dan prasarana pendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, yang berkaitan dengan bidang arkeologi secara umum, museologi dan pengelolaan warisan budaya.
  7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas keluaran Tridharma Perguruan Tinggi dengan melaksanakan mekanisme monitoring dan evaluasi.

Sasaran Program Studi:

a. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang handal (ditunjukkan dengan IPK minimal 3,25) di bidang bidang peminatan yang dipilih, yaitu sebagai berikut.

Di bidang Arkeologi murni/umum:

  1. Memproduksi pengetahuan berdasarkan hasil penelitian Arkeologi.
  2. Menguasai keilmuan Arkeologi, mampu mengembangkannya dan menggunakan ilmu yang diperoleh untuk kepentingan publik.

Di bidang keahlian Museum:

  1. Mampu merancang dan mengelola museum dengan menerapkan pengetahuan mutakhir di bidang permuseuman secara kreatif dan bertanggung jawab dalam konteks kehidupan masyarakat kini.
  2. Mampu melakukan tinjauan kritis terhadap museum dan memecahkan permasalahan yang dihadapi museum.

Di bidang pengelolaan Warisan Budaya:

  1. Mampu menerapkan ketrampilan secara bertanggung jawab dalam merencanakan, menganalisis dan mengelola warisan budaya berwawasan pelestarian.
  2. Mampu menampilkan hasil pemikirannya di bidang pengelolaan warisan budaya di tingkat nasional dan internasional.

b. Menghasilkan karya penelitian (oleh dosen dan atau mahasiswa) yang diakui secara nasional dan internasional.

c. Melakukan karya pengabdian (oleh dosen dan atau mahasiswa) berbasis ilmu pengetahuan dalam hal ini arkeologi dan berbasis warisan budaya yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Visi-Misi Departemen Arkeologi dapat dilihat di sini.

Galeri Foto