H o m e   Advanced Search   Buku Tamu
  
BUKU TAMU
26-10-2009 14:36 WIB
los morongos
walaupun akan tetapi arkeologi ilmu sulit karena banyak perkiraan, tapi bagi awak mrongos bisa menikmati sejatinya dunia tempo dulu (terkenang kenang maksudnya). Sukses arkeologi Indonesia
02-09-2008 16:17 WIB
winda
Hallo... masih kenal gak? Tulus, selamet ya dah wisuda... Hepi, anaknya dah gede ya? Anop,Topek (skrg jadi Tokep ya?), Defri, Kalian nongol terus di warnet? Kerjanya internetan di kantor terus ya? Andri... Qrain masih di Jogja... PS: salam buat Pak Djoko n Mas Jajang. Masih inget winda kan? Winda masih di Jogja ni. Jadi guru bahasa KOrea skrg. Tp insyaAllah bentar lagi nyemplung di arkeologi lg...
03-08-2006 14:53 WIB
Anas 86
salut dan selamat atas terbitnya web ini semoga tambah kreatif dan dinamis. saya juga nyoba rapidnya tapi banyak ngga ketemu juga, mungkin karena masih baru ya sehingga belum ada data. sekali lagi viva arkeo
DOWNLOAD
Final Report
Laporan akhir
Saishuu hookokusho
at-Taqrir al-Akhir lit-Taqyim
Musibah gempa bumi tektonik tanggal 27 Mei 2006 di wilayah Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah selain mengakibatkan kerusakan fisik terhadap bangunan pemukiman penduduk juga merusak bangunan-bangunan cagar budaya. Jurusan Arkeologi FIB UGM bekerjasama dengan Pusat Penelitian Kebudayaan UGM berinisiatif untuk melakukan inventarisasi kerusakan Bangunan Cagar Budaya (BCB) dengan pendekatan rapid assesment yang tersebar di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 17-23 Juni 2006 untuk observasi lapangan, dan selanjutnya akan dilakukan analisis untuk memberikan rekomendasi terhadap langkah ke depan yang perlu dilakukan terhadap kerusakan-kerusakan BCB tersebut. Kegiatan ini melibatkan peneliti dari Jurusan Arkeologi FIB UGM, Jurusan Sejarah FIB UGM, Teknik Arsitektur UGM dan mahasiswa dari Jurusan Arkeologi maupun Jurusan Sejarah sebagai volunteer.

Hasil kegiatan itulah yang sekarang ditampilkan di website Jurusan Arkeologi FIB UGM ini, guna memperoleh tanggapan dan informasi dari pihak luar yang berkompeten dan peduli akan pelestarian BCB. Anda dapat ikut berperan serta di dalamnya dengan memberikan tanggapan atau sumbang pemikiran, agar kita bisa bersama-sama mencari solusi terbaik dalam usaha penyelematan BCB yang rusak.

Untuk mencari sebuah obyek BCB, Anda bisa melakukan pencarian secara sederhana dengan memasukkan kata kunci pada fasilitas searching di bagian kanan atas. Fasilitas search engine tersebut cukup akurat dalam menemukan obyek berdasar kata kunci atau keyword yang diisikan, seperti pencarian nama obyek situs, lokasi atau kawasan situs. Untuk mendapatkan hasil pencarian yang cepat, pilihlah pada masa apa sebuah situs dibangun & masukkan kata kunci seinformatif mungkin sehingga jumlah data yang ditemukan tidak terlalu banyak, dimana hal itu akan mempercepat proses pencarian.

Kemudian untuk pencarian obyek BCB yang lebih akurat, silakan klik link Advanced Search yang terletak di bagian kiri atas. Di halaman Advanced Search tersebut Anda bisa memasukkan lebih dari satu kata kunci untuk mencari obyek dengan memilih masa, dengan kriteria pencarian meliputi nama obyek, lokasi, kawasan, sejarah, atau deskripsinya.

Hasil pencarian akan memperlihatkan beberapa obyek. Jika ingin melihat obyek yang dicari secara lebih spesifik, kliklah Nama Obyeknya. Anda akan memperoleh gambaran yang lebih detail dengan membaca keterangan atau pemeriannya.