Home » Jagad Arkeologi » Pameran Jejak Budaya Gunung Penanggungan

Pameran Jejak Budaya Gunung Penanggungan

253758_216305708399903_7155771_nHimpunan Mahasiswa Arkeologi menyelenggarakan pameran bertajuk “Ekspedisi Jejak Budaya Gunung Penangungan”, berlangsung di Kampus FIB UGM dari tanggal 19-22 November 2013.

Dalam kegiatan tersebut dipamerkan hasil ekspedisi yang telah dilakukan oleh para mahasiswa pada tanggal 11-16 Oktober 2013 ke beberapa daerah di kawasan Gunung Penanggungan, Jawa Timur. Ditemukan sekitar lima puluh situs pada ekspedisi tersebut. Sayangnya, sebagian di antaranya berada dalam kondisi rusak. Berkaitan dengan hal tersebut, pameran menampilkan antara lain foto-foto kondisi sekarang dan sebagian dilengkapi dengan foto dari Jurusan Arkeologi yang dibuat pada tahun 1980-an sebagai perbandingan.

Tidak hanya foto yang dihasilkan dan dipamerkan, mahasiswa juga menerbitkan buku berkait dengan perjalanan mereka ke kawasan Penanggungan tersebut. Aspek pengalaman dan budaya yang ditemui, dituang dan didokumentasikan dalam buku tersebut sehingga dapat menjadi pelengkap dari data arkeologi yang ditemui.

Maju terus, Hima! {z]


Leave a comment

Your email address will not be published.

Jagad Arkeologi

Lomba Esai Pelajar tingkat Nasional

Salam Pewaris Budaya Bangsa! Sudah tahukah kalian tentang[...]

Hebatnya Yogya

Menutup tahun 2014, Himpunan Mahasiswa Arkeologi menyelenggarakan[...]

Publikasi

Urban Heritage