Home » Agenda » Ekskavasi Candi Plaosan Kidul

Ekskavasi Candi Plaosan Kidul

Sebagai bagian dari kuliah Metode Ekskavasi, mahasiswa Arkeologi FIB UGM angkatan 2011 mendapat kesempatan untuk melakukan praktik ekskavasi di kompleks Candi Plaosan Kidul. Kegiatan kurikuler ini diselenggarakan 26 Mei-1 Juni 2013, diikuti oleh empat puluh orang mahasiswa, beberapa asisten dan tiga orang dosen pembimbing.

Tidak kali ini saja Jurusan Arkeologi FIB UGM melakukan ekskavasi di kompleks ini dengan kerjasama Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Tercatat pada sekitar tahun 2008, Jurusan juga melakukan praktik ekskavasi bagi mahasiswa untuk menggenapkan kemampuan mereka dalam penelitian arkeologi sekaligus melakukan penelitian terhadap salah satu situs penting ini.

Kompleks Plaosan Kidul merupakan peninggalan arkeologi masa Klasik (Hindu-Buddha) yang masih menyisakan banyak misteri. Bagaimana bentuk keseluruhan kompleks percandian, bagaimana arsitektur masing-masing bangunan, dan bagaimana hubungan dengan kompleks Percandian Plaosan secara keseluruhan merupakan bagian dari pertanyaan-pertanyaan yang mestinya dijawab dengan penelitian arkeologis, antara lain dengan cara ekskavasi seperti yang sekarang dilakukan.

 


Leave a comment

Your email address will not be published.

Jagad Arkeologi

Lomba Esai Pelajar tingkat Nasional

Salam Pewaris Budaya Bangsa! Sudah tahukah kalian tentang[...]

Hebatnya Yogya

Menutup tahun 2014, Himpunan Mahasiswa Arkeologi menyelenggarakan[...]

Publikasi

Urban Heritage