Home » Agenda » Workshop “New Museology”

Workshop “New Museology”

workshopProgram Pascasarjana Arkeologi menyelenggarakan workshop “New Museology” pada tanggal 31 Januari 2013. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kuliah “Sejarah dan Teori Museologi” yang diberikan bersama oleh Prof. Bambang Purwanto dan  Tjahjono Prasodjo (FIB UGM) serta Pim Westerkamp (Tropenmuseum, Amsterdam).  Dalam kegiatan workshop ini, Tjahjono Prasodjo bertindak sebagai fasilitator sementara Pim Westerkamp menjadi reviewer.

Kegiatan workshop ini diikuti tidak kurang dari 20 orang peserta, yang merupakan mahasiswa S2 Arkeologi, pengajar Arkeologi, serta para praktisi di bidang museum dan warisan budaya. Peserta mendiskusikan beberapa kasus museum untuk dapat menerapkan prinsip-prinsip New Museology yang berkembang sejak tahun 1970-an ini.

Bagi mahasiswa peserta kuliah, workshop ini menjadi lahan untuk menerapkan teori-teori yang didapat dalam perkuliahan, dalam kasus-kasus praktis yang mungkin dihadapi oleh museum.

Workshop ini merupakan rangkaian dari workshop serupa yang akan diselenggarakan untuk mengakhiri perkuliahan minat utama Museologi pada Program Pascasarjana Arkeologi. Workshop lain yang akan menyusul diselenggarakan antara lain adalah dalam bidang edukasi, kuratorial, pameran, serta konservasi.


Leave a comment

Your email address will not be published.

Jagad Arkeologi

Lomba Esai Pelajar tingkat Nasional

Salam Pewaris Budaya Bangsa! Sudah tahukah kalian tentang[...]

Hebatnya Yogya

Menutup tahun 2014, Himpunan Mahasiswa Arkeologi menyelenggarakan[...]

Publikasi

Urban Heritage