Home » Hot News » Menelisik Keberadaan Medang

Menelisik Keberadaan Medang

Departemen Arkeologi dan Medang Heritage Society menyelenggarakan seminar nasional tentang Kerajaan Medang. Kerajaan ini berkembang sejak abad ke-5 hingga ke-11 Masehi, di sekitar Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Untuk membahasnya, seminar mengambil topik “Peran Medang dalam Perjalanan Sejarah Nusantara”.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar tersebut adalah Prof. Dr. Bambang Hidayat (pakar astronomi), Prof. Dr. dr. Budiono Santoso, Sp.K.F. (pemerhati Kebudayaan Medang), Dr. Niken Wirasanti, M.Si. (ahli arkeologi Indonesia Klasik), Drs. J. Susetyo Edy Yuwono, M.Sc. (ahli geo-arkeologi), Drs. Marsis Sutopo, M.Si. (Balai Konservasi Borobudur), Drs. Tri Hartono, M.Hum. (Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah), Dra. Ari Setyastuti, M.S.T. (Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY), Dr.Djoko Dwiyanto, M.Hum. (ahli epigrafi dan sejarah kuna), Dwi Pradnyawan, S.S., M.A. (ahli sejarah seni Klasik Indonesia), serta Andi Putranto, S.S., M.Sc. (ahli arkeologi Klasik Indonesia). Sebagai pembicara kunci adalah Prof. Dr. Timbul Haryono, M.Sc., arkeolog dan juga seniman.

Seminar yang dihadiri oleh hampir dua ratus pemerhati, dari kalangan pendidikan dan ahli tersebut, diselenggarakan pada tanggal 7 Oktober 2017, di Auditorium Gedung Poerbatjaraka, Fakultas Ilmu Budaya UGM. [z]


Leave a comment

Your email address will not be published.

Jagad Arkeologi

Lomba Esai Pelajar tingkat Nasional

Salam Pewaris Budaya Bangsa! Sudah tahukah kalian tentang[...]

Hebatnya Yogya

Menutup tahun 2014, Himpunan Mahasiswa Arkeologi menyelenggarakan[...]

Publikasi

Urban Heritage