Kategori Hot News

Ekskavasi Situs Bedingin

Setelah ditemukan secara tidak sengaja sejak sebulan yang lalu, Situs Bedingin mulai diteliti oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY bekerjasama dengan Jurusan Arkeologi FIB UGM. Situs yang terletak di Kecamatan Mlati, Kabupatan Sleman, tidak jauh dari LP Cebongan. Situs tersebut pada mulanya ditemukan oleh pekerja bangunan dan kemudian ditindaklanjuti dengan ekskavasi penyelamatan.

Dalam kerjasama itu, Jurusan Arkeologi mengerahkan seorang dosen pembimbing, Andi Putranto, dan beberapa orang mahasiswa. Setelah bekerja selama sepuluh hari, yaitu mulai tanggal 12 hingga berakhir tanggal 21 November 2013, terlihat batu bentukan dari bahan andesit, batu putih (tufa), serta bata. Pada ekskavasi ini juga ditemukan periuk gerabah berisi peripih.

Salah satu benda yang ditemukan memuat tulisan jawa kuna yang kemungkinan terbaca ‘tara’ membuat dugaan ke arah fungsi situs atau bangunan tersebut sebagai tempat peribadatan umat Buddha di masa lalu, yaitu pada Masa Klasik.  Dari data tersebut dipastikan bahwa temuan adalah struktur (dapat berupa pagar atau bangunan) dari masa Klasik meskipun belum diketahui selengkapnya. [z]

Galeri Foto