Home » Headline » Penyebaran Buddha Esoterik

Penyebaran Buddha Esoterik

peter sharrockDr. Peter Sharrock, pengajar pada School of Oriental and African Studies (SOAS), University of London, memberikan pandangan baru terhadap relief-relief di Candi Mendut. Menurutnya, relief yang selama ini disebut sebagai Cunda, adalah Mahapatisara. Ia adalah tokoh wanita yang darani-semacam mantra-nya dikenal luas di Asia.

Keberadaan Mahapatisara di Candi Mendut berkait dengan persebaran Agama Budha versi esoterik atau tantra, dari India menuju Cina. Dari tempat tersebut, aliran ini kembali menyebar ke Jepang dan juga kembali ke Jawa tepat sebelum Borobudur dibangun. Selain Mahapatisara, beberapa bukti hubungan dari tempat-tempat tersebut berkait dengan agama Buddha esoterik didapat dari kronik Cina, juga dari persamaan dasar arsitektur Buddhis di Jawa dengan India, seperti persamaan antara Candi Borobudur dan Candi Kesariya di Bihar, India.

Peter Sharrock mengemukakan hal tersebut pada kuliah umum yang diselenggarakan oleh Jurusan Arkeologi, FIB UGM. Acara pada tanggal 12 Februari 2015 tersebut dihadiri para mahasiswa baik S1 maupun S2, juga beberapa staf pengajar dan peminat lain. [z]


Leave a comment

Your email address will not be published.

Jagad Arkeologi

Lomba Esai Pelajar tingkat Nasional

Salam Pewaris Budaya Bangsa! Sudah tahukah kalian tentang[...]

Hebatnya Yogya

Menutup tahun 2014, Himpunan Mahasiswa Arkeologi menyelenggarakan[...]

Publikasi

Urban Heritage