Kategori Berita, Hot News, Workshop

Workshop “Managing Archaeological Site Museums”

Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman bekerjasama dengan RCE (Rijkdienst voor het Cultural Erfgoed) Negeri Belanda dan Jurusan Arkeologi FIB UGM menyelenggarakan workshop pengelolaan museum dengan judul “Managing Archaeological Site Museums”. Kegiatan tersebut diselenggarakan sejak tanggal 13 hingga 21 Oktober 2014, di kota Surakarta dan Sangiran.

Tiga puluh orang peserta workshop datang dari berbagai instansi di Indonesia, mulai dari pemerintah daerah, museum situs, serta Balai Pelestarian Cagar Budaya. Mereka adalah pejabat setingkat kasie yang (akan) bertanggungjawab atas penyelenggaraan museum situs di lembaga masing-masing. Sementara itu, para pengajar datang dari Jurusan Arkeologi UGM dan dari RCE, antara lain adalah Mahirta, Daud Aris Tanudirjo, Sektiadi, Max Muijer, Arjan Kok, serta Bart Ankersmith.

Acara dibuka oleh Dr. Harry Widianto, Direktur PCBP. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Harry juga menyampaikan kuliah tentang museum situs manusia purba di Sangiran, yang menjadi salah satu tempat praktik bagi peserta workshop ini. [z]

Galeri Foto

[touchcarousel id='2']